Friday, December 17, 2010

'BOKASHI '



I love D.I.Y and i like composting .

Diatas ini adalah tong BOKASHI yang kami gunakan di rumah.
Alhamdulillah, pendidikan 'GO GREEN'  kat rumah berjaya dijalankan. 

Asalnya tong tu berwarna cerah (tong air yang dibeli dikedai ) tapi my cik abe sudah
spraykan hitam bagi proses penapaian senang berlaku.

Kenapa BOKASHI ?
- makanan ,sisa makanan memang terlalu banyak 'waste' jadi ke dalam tong ini kami masukkan
- kami gunakan pengurai nya GULA MERAH sebagai ganti E.M.(effective microorganism)
- memang pembuangan sampah amat bekurangan sekali

Bagaimana hendak bermula ?
- permulaan ialah nekad dan niat ..(hehhe)
- LETS GO GREEN 
- sediakan tong seperti diatas,boleh dibeli sekitar harga RM20.00 ++
- letakkan herhampiran dengan sinki / sekitar dapur
- masukkan semua lebihan , sisa makanan ke dalam tong BOKASHI anda
- sediakan bekas kecil di kawasan sinki, untuk memasukkan makanan lebihan (didikan utk famili ) kemudian transferkan ke dalam bekas BOKASHI yang besar itu
- kemudian 30 hari , anda boleh kutip hasilnya.
melalui muncung paip itu, anda boleh alirkan air (BOKASHI JUICE) yang akan digunakan sbg baja untuk pokok2 tanaman dan pokok hiasan, juga sbg gantian kpd pembersih (cleaner for clog sink)
air yang di dapati itu boleh dicairkan /dilute 1:10 
boleh juga digunakan untuk penghapus perosak tanaman .(masukkan dlm bekas spray )

As the kitchen waste starts to ferment, Bokashi Juice will form in the bottom of the bucket. This should be drained off as it builds up. 
  • Bokashi Juice can be diluted with water and makes a terrific fertiliser for garden or pot plants.
  • It can be poured down drains and it is safe to use in septic tanks. 
When used in drains it will help to clean up our water ways by competing with harmful bacteria. 

- dan hasil pepejal yang didalamnya itu boleh digunakan sbg baja , digaul bersama tanah.
- INGAT ! jangan masukkan sumber / buah2 citrus spt limau dll kerana ianya akan merosakkan hasil di dlm tong BOKASHI anda.
- hanya lapisan demi lapisan (waste dari dapur), anda berjaya membuat baja kompos sendiri dan juga menyelamatkan duit dari membeli  baja untuk tanaman hiasan anda serta pokok2 yang lain.

WASTE KITCHEN  spt kulit bawang, sisa makanan, kulit telur ,perut ikan dll.

BERBAU ? tidak sesekali, ianya berbau masam manis shj, seperti peraman buah buahan.
Jika ianya busuk dan dihinggapi lalat, BOKASHI anda tidak menjadi.

--------------

Bokashi  is a Japanese term that means “fermented organic matter. EM Bokashi is a pleasant smelling product made using a combination of sawdust and bran that has been infused with Effective Micro-organisms (EM). EM Bokashi has traditionally been used to increase the microbial diversity and activity in soils and to supply nutrients to plants.
  • Place your kitchen waste into the bucket, then sprinkle a hand full of EM Bokashi over the waste.
  • Repeat this layering process until the Bokashi Bucket is full.
  • Drain off liquid (Bokashi juice) as necessary.


------------

gambar dibawah adalah dari ehsan web 'mat saleh'
beginilah caranya anda menguruskan BOKASHI anda
1- sediakan tong 
2- masukkan sampah (waste kitchen )
3- sprinkle / tabur gula merah @ EM - layer by layer







------------
Apa itu BOKASHI ?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bokashi adalah sebuah metode pengomposan yang dapat menggunakan starter aerobik maupun anaerobik untuk mengkomposkan bahan organik, yang biasanya berupa campuran molasses, air, starter mikroorganisme, dan sekam padi
Kompos yang sudah jadi dapat digunakan sebagian untuk proses pengomposan berikutnya, sehingga proses ini dapat diulang dengan cara yang lebih efisien. Starter yang digunakan amat bervariasi, dapat diinokulasikan dari material sederhana seperti kotoran hewan, jamur, spora jamur, cacing, ragi, acar, sake, miso, natto, anggur, bahkan bir, sepanjang material tersebut mengandung organisme yang mampu melakukan proses pengomposan.

Dalam proses pengomposan di tingkat rumah tangga, sampah dapur umumnya menjadi material yang dikomposkan, bersama dengan starter dan bahan tambahan yang menjadi pembawa starter seperti sekam padi, sisa gergaji kayu, ataupun kulit gandum dan batang jagung (Yusuf, 2000). 
Mikroorganisme starter umumnya berupa bakteri asam laktat, ragi, atau bakteri fototrofik yang bekerja dalam komunitas bakteri, memfermentasikan sampah dapur dan mempercepat pembusukan materi organik.

Umumnya pengomposan berlangsung selama 10-14 hari. Kompos yang dihasilkan akan terlihat berbeda dengan kompos pada umumnya; kompos bokashi akan terlihat hampir sama dengan sampah aslinya namun lebih pucat. Pembusukan akan terjadi segera setelah pupuk kompos ditempatkan di dalam tanah
Pengomposan bokashi hanya berperan sebagai pemercepat proses pembusukan sebelum material organik diberikan ke alam.
Pupuk Bokashi, menurut Wididana et al (1996) dapat memperbaiki sifat fisika, kimia, dan biologi tanah, meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi tanaman, serta menghasilkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian yang berwawasan lingkungan. 

Pupuk bokashi tidak meningkatkan unsur hara tanah, namun hanya memperbaiki sifat fisika, kimia, dan biologi tanah, sehingga pupuk anorganik masih diperlukan (Cahyani, 2003). Pupuk bokashi, seperti pupuk kompos lainnya, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kandungan material organik pada tanah yang keras seperti tanah podzolik sehingga dapat meningkatkan aerasi tanah dan mengurangi bulk density tanah (Susilawati, 2000, dan Cahyani, 2003). 

Berdasarkan hasil penelitian Cahyani (2003), Penambahan pupuk bokashi berbahan dasar arang sekam padi dapat meningkatkan nilai batas cair dan batas plastis tanah latosol, namun terjadi peningkatan indeks plastisitas

Penambahan bokashi arang sekam padi juga berpengaruh terhadap kekuatan geser tanah dan peningkatan tinggi maksimum tanaman. Bokashi juga dapat digunakan untuk mengurangi kelengketan tanah terhadap alat dan mesin bajak sehingga dapat meningkatkan performa alat dan mesin bajak (Yusuf, 2000), dengan pengaplikasian bokashi sebelum pengolahan tanah dilakukan.

4 comments:

  1. Salam, masih mengamalkan cara ini lagi sekarang? Saya sedang mencari bokashi starter, tetapi bila berjumpa blog puan, barulah saya tahu tanpa starterpun boleh menjadi...betul ke?

    ReplyDelete
  2. Berapa ratio antara bhn kompos dgn gula melaka ye.

    ReplyDelete
  3. salam....saya baru nk belajar buat bokashi...bleh ajarkan...saya nk tanya mana nk beli serbuk bokashi....

    ReplyDelete